Selasa, 07 Januari 2014

Varian Rubik

Rubik adalah permainan teka-teki mekanik yang ditemukan oleh pemahat dan profesor arsitektur pada tahun 1974 bernama Ernő Rubik. Ada berbagai variasi Cubes Rubik dengan sampai yaitu: 2 × 2 × 2 (Rubik mini),rubik 3 × 3 × 3 (standar), 4 × 4 × 4 (Revenge Rubik / Master Cube), dan 5 × 5 × 5 (Professor's Cube), 6 × 6 × 6 (V-Cube 6), dan 7 × 7 × 7 (V-Cube 7).

Terdapat beberapa perkembangan dalam ukuran dan bentuk geometris lainnya. Beberapa bentuk seperti termasuk tetrahedron /rubik segitiga (Pyraminx), rubik segi delapan (Skewb Diamond), rubik segi duabelas (Megaminx).

Berikut ini varian cube yang ada:

Pocket Cube (2x2x2)
disebut juga Mini Cube, memiliki tingkat kesuiitan yang rendah, rekor tercepat dipegang oleh Erik Akkersdijk yang menyelesaikan dengan waktu kurang dari 1 detik.


 
Standard Cube (3x3x3)
disebut juga Rubik's Cube dikarenakan memang puzzle ini diciptakan pertama kali oleh arsitek bernama Erno Rubik pada tahun 1975, twisty puzzle model paling awal & paling populer, hingga dibuat berbagai macam varian-nya. ukuran standar adalah 5.6cm³

Master Cube (4x4x4)
Dikeluarkan oleh Rubik's dengan nama Rubik's Revenge, diciptakan oleh Péter Sebestény, pengembangan rubiks cube dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi, memiliki 2 macam mekanisme berbeda yaitu keluaran Rubik's Revenge & Eastsheen.




Professor's Cube (5x5x5)
diciptakan oleh Udo Krell, karena memiliki center pieces, puzzle ini memiliki metode mirip seperti 3x3x3 namun dengan kesulitan jauh lebih tinggi, . 2 variasi lain dari mekanisme 5x5x5 selain keluaran Rubik's adalah V-Cube & Eastsheen.


V-Cube 6 (6x6x6)
Diciptakan oleh Panagiotis Verdes, twisty puzzle dengan total 152 keping bila dipisah2, karya genius dari Verdes Innovations SA. ukuran standar yang dikeluarkan adalah 6.9cm³






V-Cube 7 (7x7x7)
Penciptanya sama seperti V-Cube 6, juga dengan mekanisme yang sama, twisty puzzle jenis cubic original dengan tingkat kesulitan paling kompleks. ukuran standar jenis ini adalah 7.2cm³

Square-1
Karya Karel Hršel & Vojtěch Kopský, Twisty puzzle dengan mekanisme yang benar2 unik









Super Square-1
merupakan pengembangan dari Square-1, dengan tinggi 4 layer, dan memiliki lingkaran ditengahnya. 


 
 
Square-2 Karya David Litwin, pengembangan dari Square-1, memiliki mekanisme mirip seperti pendahulunya. 



  
Fisher's Cube
Pengembangan dari 3x3x3, diciptakan oleh Tony Fisher, memiliki metode penyelesaian & mekanisme mirip dengan 3x3x3 namun bisa diputar secara diagonal. 


 

Void Cube
Diciptakan oleh Katsuhiko Okamoto. cube unik ini memiliki mekanisme yang benar2 berbeda dari 3x3x3, karena center tile-nya bolong & tembus, hingga untuk solving-nya menjadi lebih sulit.



Mirror Cube
Varian 3x3x3 yang unik, bila dalam keadaan teracak, bentuknya ikut teracak. metode solvingnya bukan berdasarkan warna, namun perbedaan bentuk.



Skewb
Diciptakan oleh Tony Durham, menjadi salah satu varian cube yang populer karena keunikannya. banyak varian & modifikasi cube yang memakai dasar mekanisme Skewb.




  
Master Skewb
Pengembangan Skewb yang diciptakan oleh Katsuhiko Okamoto




Pyraminx
Diciptakan oleh Uwe Meffert, salah satu twisty puzzle populer selain bentuk cube.





Master Pyramorphix
Disebut juga Mastermorphix, diciptakan oleh Uwe Meffert, walau bernama Pyramorphix, mekanisme puzzle ini jauh berbeda, lebih mirip dengan 3x3x3.




 
Skewb Diamond
Bentuk octahedral dengan menggunakan mekanisme skewb.




Megaminx
Diciptakan oleh Christoph Bandelow .





Gigaminx
Pengembangan Megaminx, dengan tambahan satu layer







Teraminx
Pengembangan dari Gigaminx





Cube 11x11x11




Sebenarnya masih banyak lagi jenis yang lain tapi berhubung makin pusing juga saya ngeliatnya jadi kita sudahi saja sampai di sini T.T

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.