Senin, 14 November 2011

Perkembangan Bisnis Online

Berikut ini adalah beberapa artikel yang dirangkum menjadi satu mengenai perkembangan bisnis online khususnya di Indonesia.


Kunci Mengembangkan Bisnis Online!
Mungkin kata bisnis online sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena transaksi online atau yang biasa di sebut e-commerce sudah menjadi era dan trend saat ini. Pertumbuhan e-commerce setiap tahun nya bisa mencapai dua digit contoh nya saja dua situs terbesar yaitu:
  • e-bay
  • amazone.com
Peningkatan dua situ mencapai hingga 31% di indonesia, perkembangan e-commerce di tandai dengan bertmbuh nya situs jual beli di tambah dengan marak nya istilah startup yang dipakai oleh kaum muda di indonesia untuk memulai bisnis berbasis internet.

Di indonesia mencari referensi kebutuhan barang atau jasa dilakukan melalui media internet, data spire menunjukkan 90% orang mencari referensi/informasi melalui rekomendasi dari orang yang mereka kenal, sementara sejumlah 10% merupakan opini atau testimoni mereka saja.


Dari data yang ditelusuri spire, dalam melakukan transaksi online, 40% merupakan rekomendasi dari rekan,teman,maupun komunitas-nya, hal ini disebabkan lehliterasi terhadap teknologi internet itu sendiri. Semakin tinggi pengetahuan konsumen atas teknologi transaksi online, semakin tinggi pula tingkat kepercayaan untuk bertransaksi, lalu di ikuti dengan pencarian independen melalui search engine sebesar 38% dan 22% yang langsung menuliskan alamat UR-nya di browser.

Dalam media bertransaksi di indonesia hampir 74% orang memilih kaskus karena selain kaskus sudah tedapat lebih dari 3 juta user/komunitas, kaskus pun menjadi salah satu media online shop yang mendapat kepercayaan dari para konsumen.

Pasar 250 juta jiwa, dengan 15-20% menyentuh internet, menjadikan indonesia sebagai market yang sangat potensial. Namun di sisi lain, tidaklah mudah untuk mengembangkan bisnis disni.


Membangun kepercayan merupakan modal penting dalam proses ekspansi jalur ini. Pasar yang besar di dukung dengan media promosi dan pemasaran produk yang tepat, serta menjadi penjual yang terpercaya. Tentu nya menjadi tantangan tersendiri bagi kesuksesan di dunia e-commerce.

Bisnis Online: Modal Minimal, Keuntungan Maksimal
Perkembangan zaman yang semakin maju, dengan teknologi internet serta gadget yang semakin canggih, membuat bisnis online semakin mengukuhkan dirinya sebagai salah satu alternatif untuk penambah "devisa" diri sendiri. Pada awalnya, kebanyakan orang memang hanya melihat gambaran besar bahwa bisnis online ini hanyalah sebagai bisnis coba-coba. Bila dipikirkan dengan lebih luas, bisnis online ini sebenarnya dapat menjadi sumber penghasilan tambahan Anda di setiap bulannya, mungkin sedikit bumbu serius bisa menjadi katalis yang tepat.



Seperti halnya bisnis lainnya, mendirikan bisnis di ranah online juga memerlukan kerja keras dan kegigihan demi menuai keberhasilan.  Dengan semakin meluasnya penetrasi internet di Indonesia, semakin besar pula peluang pengembangan kewirausahaan, khususnya secara online.  Bila dijabarkan ada beberapa alasan mengapa bisnis online adalah alternatif yang menggiurkan.
  • Pertama, nilai investasi relatif rendah; investasi utama hanya untuk barang yang dijual, tidak perlu biaya besar untuk membangun toko ataupun sewa lapak tahunan.   
  • Kedua, modal kerja utama hanyalah sambungan internet, komputer, serta barang dan jasa yang ditawarkan.  
  • Ketiga, resiko investasi bisnis online pun rendah, pemilik bisnis bebas berimprovisasi untuk menemukan produk yang paling pas dan cara terbaik untuk memasarkan bisnisnya. Jumlah pengguna internet yang sudah mencapai 45 juta pengguna merupakan alasan. 
  • Keempat: potensi pelanggan mencapai jutaan orang.   
  • Kelima: biaya pendirikan "toko" rendah, bahkan ada platform e-commerce yang sama sekali tidak membebankan biaya registrasi ataupun pendirian toko. 

Biaya operasional toko online pun dapat ditekan. Selama bisnis masih dalam tahap pengembangan, tim pengelola bisa menekan biayanya seminimal mungkin. Hingga sekarang, ada beberapa toko online yang pengelolanya hanya dua hingga tiga orang namun sudah mencetak transaksi hingga puluhan juta tiap bulannya. 

Terakhir, bisnis online memiliki pilihan metode pemasaran yang beragam.  Wirausahawan yang internet savvy kini semakin lihai dalam menggunakan berbagai jaringan sosial dan forum untuk mempromosikan bisnisnya secara gratis untuk meraih pembeli (dan bahkan komunitas yang relevan).

Jika Anda berpikir bahwa untuk memulai sebuah bisnis online harus membangun sebuah website dulu, silakan tanggalkan pemikiran itu.  Sekarang ini, di Indonesia pilihan platform yang dapat Anda gunakan semakin beragam. Baik ini kali pertama ataupun kesekian kali Anda mendirikan toko online, ada baiknya Anda memilih platform e-commerce yang komprehensif namun berbiaya rendah (bahkan gratis!).

Prospek Bisnis Online
Meningkatnya pengguna internet setiap harinya, memberikan keuntungan besar bagi para pelaku bisnis online. Sebab dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, maka peluang pasar merekapun semakin terbuka lebar. Tak heran jika belakangan ini, banyak orang mencoba peruntungan mereka dengan membuka berbagai peluang bisnis melalui dunia maya.


Sekarang ini, bukan hanya penguasa internet seperti google dan facebook saja yang bersaing melakukan inovasi-inovasi baru untuk meramaikan pasar internet. Para pemula juga mulai bermunculan dengan membawa konsep bisnis yang beragam, untuk membidik sasaran pasar tertentu. Tentu hal tersebut akan mewarnai persaingan bisnis online di tahun 2011 ini.


Beberapa hal yang mendukung perkembangan bisnis online tahun 2011, antara lain sebagai berikut :

Pertama, jumlah pengguna internet yang terus meningkat selama beberapa tahun ini. Hal tersebut menjadi ladang empuk bagi para pelaku bisnis online, sebab semakin banyak orang menggunakan internet artinya pasar dunia maya juga makin terbuka. Hal ini bisa dilihat dari terciptanya pasar potensial di facebook, seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna situs jejaring tersebut.

Kedua, daya beli konsumen melalui internet juga mengalami peningkatan. Ini merupakan awal yang sangat baik, karena kepercayaan masyarakat terhadap transaksi online menjadi modal utama seseorang agar sukses menjalankan bisnis online.

Ketiga, perkembangan teknologi saat ini membuat internet bisa diakses dengan mudah, dan murah. Bahkan kini internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat, bukan hanya bisa diakses melalui computer saja. Tapi internet sudah bisa diakses dengan mudah dan cepat melalui ponsel.


Ketiga hal di atas akan sangat mendukung perkembangan bisnis online. Lalu, bagaimana cara Anda memanfaatkan prospek bisnis yang semakin bagus? berikut kami informasikan tips dan trik yang dapat Anda coba :

  • Buat produk atau jasa yang banyak dibutuhkan masyarakat, di tahun 2011. Misalnya saja membuat ebook bisnis, video tutorial, atau memberikan informasi-informasi yang up to date dan banyak dicari masyarakat. Ini menjadi salah satu cara untuk menarik konsumen mengunjungi bisnis online Anda.
  • Anda bisa menggunakan fasilitas media online seperti blog, website dan situs jejaring social yang banyak dikunjungi masyaraka sebagai pasar potensial. Banyak orang betah berlama-lama membuka situs jejaring social seperti facebook dan twitter, kondisi ini bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan produk guna meningkatkan penjualan melalui online. Jika perlu buatlah tampilan blog dan website Anda semenarik mungkin, agar konsumen tertarik untuk berkunjung.
  • Bukan hanya bisnis offline saja yang membutuhkan promosi, bagi bisnis online adanya promosi juga sangat penting. Anda bisa mencoba beberapa strategi promosi yang sudah pernah dibahas, pada artikel cara jitu mempromosikan blog.
  • Ciptakan peluang bisnis online yang belum ada di tahun sebelumnya. Masih banyak peluang yang bisa Anda manfaatkan untuk meraup keuntungan dari bisnis online. Yang terpenting, Anda harus jeli dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Karena kebutuhan mereka, bisa menjadi peluang bisnis baru bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.