Senin, 06 Januari 2014

Centaur

Dalam mitologi Yunani, Centaur (bahasa Yunani: Cένταυρος, "Céntauros") adalah makhluk yang berwujud setengah manusia setengah kuda. Dalam lukisan vas Attika dan Boiotia awal, centaur digambarkan berupa bagian belakang kuda yang menyatu dengan tubuh manusia yang utuh. Sementara dalam perkembangan selanjutnya, penggambaran centaur adalah bagian tubuh manusia (dari kepala sampai pinggang) yanng menyatu dengan gumba kuda.

Komposisi setengah-manusia dan setengah-hewan ini telah membuat banyak penulis menganggap centaur sebagai makhluk liminal, berada di antara dua sifat, diceritakan dalam mitos yang berlawanan, baik sebagai perwujudan dari alam liar, seperti ketika para centaur berperang dengan suku Lapith, atau sebaliknya sebagai guru, contohnya Kheiron.


Centaur biasanya disebut terlahir dari hubungan Iksion dan Nefele (dewi awan yang dibuat sesuai wujud Hera). Versi lainnya adalah bahwa ras centaur merupakan keturunan centauros, yang berhubungan seksual dengan kuda-kuda betina di Magnesia. centauros sendiri kemungkinan adalah putra Iksion dan Nefele atau putra Apollo dan Stilbe, putri dewa sungai Peneus. Dalam versi yang kedua, centauros memiliki saudara bernama Lapithos, leluhur suku Lapith. Dengan demikian, ras centaur dan suku Lapith, yang bermusuhan, masih merupakan saudara.

Centaur dikatakan menghuni daerah Magnesia dan Gunung Pelion di Thessalia, hutan ek Foloi di Elis, dan semenanjung Maleia di Lakonia selatan. Centaur muncul secara individual atau berkelompok dalam kisah-kisah Yunani kuno, seperti pada kisah penculikan Deianeira oleh Nessos dan kisah perkawinan Pirithous. centaur individual yang terkenal adalah Nessos, Kheiron, Folos, Eurition. Banyak centaur yang muncul dalam kisah Herakles (Herkules).

Centaur yang terkenal

1. Eurition
Pada pesta pernikahan Pirithous, raja suku Lapith, dengan Hippodameia, Euriton meminum anggur dan menjadi mabuk. Dia mencoba menculik Hippodamiea sang pengantin wanita. Tindakannya ini diikuti oleh kentaur-kentaur yang lain. Akibat perbuatannya, terjadilah Perang Kentaur.

2. Nessos
Nessos adalah salah satu centaur yang terlibat dalam Perang centaur. Ketika para centaur kalah dan diusir, sebagian besar pergi ke Gunung Folos di Arkadia. Namun Nessos malah pergi ke barat menuju sungai Evenos. Di sana dia menjadi penyeberang bagi orang-orang yang hendak lewat.

3. Folos
Folos adalah centaur yang yang ramah pada manusia, dia berteman baik dengan Herakles. Folos tinggal di sebuah gua di Gunung Folos, yang dinamai dari namanya, di Arkadia. Folos memiliki minuman anggur yang bisa membuat para centaur bertindak gila.

4.Kheiron
Kheiron adalah centaur yang paling terkenal. Kheiron Berbeda dengan centaur-centaur lainnya, mulai dari kelahiran sampai karakteristiknya. Kheiron merupakan kentaur yang bijaksana dan ahli dalam pengobatan, astrologi, dan ramalan. Kheiron bersahabat dengan banyak pahlawan, termasuk Herakles dan Peleus. Kheiron bahkan merupakan guru bagi beberapa pahlawan, misalnya Iason dan Akhilles.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.