Minggu, 29 Desember 2013

Neon Tetra

Berawal dari hobi ibu saya yang baru yaitu memelihara ikan, saya jadi tertarik dengan ikan yang satu ini. Sesuai namanya Neon Tetra (Paracheirodon Innesi) memiliki tubuh yang dapat bersinar. Tubuh nya yang kecil mungil dan hanya dapat tumbuh sampai 4cm menjadi salah satu daya tariknya. Di tempat asalnya di Amazon, ikan ini termasuk jenis yang hidup berkelompok hingga ratusan banyaknya.

Neon tetra memiliki warna tubuh yang cerah, terdapat garis berwarna biru memanjang dari hidung hingga bagian depan ekor di kedua sisi tubuhnya. Sedangkan warna merah melintang hanya sampai bagian abdomen (perut).

Meskipun ikan ini cukup mudah beradaptasi namun agak rentan dengan penyakit. Mengingat tubuhnya yang kecil, hindarilah memelihara neon tetra bersama dengan ikan berukuran besar atau ikan yang agresif lainnya. Ikan ini dapat dipelihara bersama jenis tetra lainnya seperti cardinal tetra, green tetra, atau ikan kecil lainnya.

Saya sempat heran mengapa ikan neon saya tiba-tiba menghilang satu persatu. Untuk pakan yang saya beri yaitu pelet ikan biasa sepertinya tidah ada masalah, dan baru sadar ternyata saya memeliharanya bersama dengan ikan-ikan berukuran sedang lainnya *selftoyor*.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.