Minggu, 06 Mei 2012

Masalah Pokok Perekonomian Indonesia


PENGANGGURAN
  1. Pengangguran friksionil, yakni pengangguran yang terjadi karena seseorang memilih menganggur sambil menunggu pekerjaan yang lebih baik, yang memberikan fasilitas dan keadaan yang lebih baik.
  2. Pengangguran struktural, yakni pengangguran yang terjadi karena seseorang diberhentikan oleh perusahaan, karena kondisi perusahaan sedang mengalami kemunduran usaha, sehingga terpaksa mengurangi tenaga kerja.
  3. Pengangguran teknologi, adalah pengangguran yang terjadi karena mulai digunakannya teknologi yang menggantikan tenaga manusia.
  4. Pengangguran siklikal, yaitu pengangguran yang terjadi karena terjadinya pengurangan tenaga kerja yang secara menyeluruh, dikarenakan kemunduran dan resesi ekonomi.
  5. Pengangguran musiman, yaitu pengangguran yang terjadinya dipengaruhi oleh musim.
  6. Pengangguran tidak kentara, yakni pengangguran yang secara fisik dan sepintas tidak kelihatan, namun secara ekonomi dapat dibuktikan bahwa seseorang tersebut sesungguhnya menganggur.




INFLASI

Adalah suatu kecenderungan naiknya harga-harga secara umum dalam waktu dan wilayah tertentu. Jika dilihat dari sebab-sebab kemunculannya, inflasi dibagi dalam:
  1. Inflasi karena naiknya permintaan, yakni inflasi yang terjadi karena adanya gejala naiknya pemintaan secara umum, sehingga sesuai dengan hukum permintaan maka hargapun secara umum akan cenderung naik.
  2. Inflasi karena naiknya biaya produksi, terjadi jika kecenderungan naiknya harga lebih diakibatkan karena naiknya biaya produksi, seperti naiknya upah tenaga kerja, naiknya harga bahan baku dan penolong, dan sejenisnya.
  3. Inflasi yang berasal dari dalam negeri, adalah inflasi yang terjadi dikarenakan peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalam negeri, seperti misalnya peredaran uang di dalam negeri terlalu banyak.
  4. Inflasi yang berasal dari luar negeri, terjadi apabila semakin banyaknya kita mengimpor komoditi-komoditi yang telah terkena inflasi di negara asalnya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.