Minggu, 23 Oktober 2011

Proposal Pendirian Usaha Kecil

Toko Online 

A. PENDAHULUAN

1.    Latar Belakang Pendirian Usaha
Saat ini teknologi internet sudah sangat maju dan berkembang di dunia. Dengan adanya internet kita bisa mengetahui informasi apapun yang ada di seluruh dunia, di belahan bumi manapun. Internet memudahkan kita melakukan berbagai aktifitas, contohnya berbelanja. Kini belanja online sudah tidak asing lagi. Barang yang diperjual belikan pun beragam. Ada toko online pakaian, aksesoris, elektronik, dan lain-lain.

Toko online memudahkan para wanita karir khususnya, yang sibuk dan tidak memiliki waktu luang untuk pergi berbelanja. Kita juga tidak perlu bersusah payah untuk menghadapi kemacetan dan mengkhawatirkan cuaca. Dengan begitu, tidak perlu bepergian jauh untuk berbelanja, cukup dengan menggunakan internet segala keinginan dan kebutuhan kita dapat terpenuhi.

2.   Identitas Usaha
Nama Toko            :  “Una Shop”
Pemilik                  :   Hilda Nurina 

B.  SASARAN USAHA

Target pelanggan toko online ini adalah pria dan wanita dari semua kalangan, anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Umumnya mereka yang tidak memiliki waktu luang untuk pergi berbelanja memilih-milih barang kebutuhan.

C.   JENIS USAHA

Jenis usaha yang direncanakan adalah :
1.      Menjual pakaian pria : jas, kemeja, celana, t-shirt, jaket, dll.
2.      Menjual pakaian wanita : kemeja, t-shirt, dress, celana, rok, blouse, blazer, dll.
3.      Menjual pakaian anak-anak : kemeja, t-shirt, celana, rok, sweater, dll.
4.      Menjual sepatu pria dan wanita
5.      Menjual tas
6.      Menjual aksesoris : ikat pinggang (belt), bros, scraft, dll.


D.  MODAL DAN KEUNTUNGAN

Dalam merencanakan pengelolaan usaha, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menganalisis potensi pasar berdasarkan jenis produk, minat, dan daya beli pelanggan.

Membuat Analisis Usaha

Modal awal :

·         Pakaian pria                                          Rp.    700.000,-

·         Pakaian wanita                                      Rp. 1.000.000,-

·         Pakaian anak-anak                                Rp.    500.000,-

·         Sepatu                                                   Rp.    500.000,-

·         Tas                                                        Rp.    500.000,-

·         Aksesoris                                              Rp.    300.000,- +
                                                                                                            Rp. 3.500.000,-
 
Asumsi penjualan per bulan :

·         Pakaian pria                 Rp. 500.000,-

·         Pakaian wanita             Rp. 800.000,-

·         Pakaian anak-anak       Rp. 250.000,-

·         Sepatu                          Rp. 300.000,-

·         Tas                                Rp. 250.000,-

·         Aksesoris                     Rp. 150.000,- +
                                                                                    Rp. 2.250.000,-

            Biaya-biaya :

·         Listrik                           Rp. 100.000,-

·         Telepon                         Rp. 100.000,-

·         Internet                         Rp. 350.000,-

·         Biaya tak terduga          Rp. 150.000,- +
                                                                                    Rp.    700.000,-

            Laba                                                                                          Rp. 1.550.000,- ÷

            Perkiraan balik modal :                                                                     2,3 kali


E.  ANALISIS SWOT

Sebelum memulai suatu usaha kita harus tahu hal-hal yang berpengaruh terhadap usaha tersebut. Hal tersebut diantaranya adalah aspek kekuatan (strength), kelemahan (weakness), kesempatan (opportunity), dan ancaman (treat). Berikut adalah beberapa hal dari masing-masing aspek:


a.   Strength

1.   Dapat melakukan penjualan ke seluruh dunia, tidak dibatasi wilayah

2.   Tidak memerlukan bangunan fisik (modal besar)

3.   Tidak harus mempekerjakan pegawai

4.   Toko online buka 24 jam sehari, tanpa libur

5.   Bisa dioperasikan dimana saja dan kapan saja selama ada akses internet

6.   Bentuk dan sistem pembayaran yang cukup aman dan dapat ditentukan sendiri sesuai   kebutuhan, cth: via transfer bank, paypal, dll.

7.   Cara pengiriman dapat disesuaikan dengan kondisi


b.   Weakness

1.    Barang hanya bisa dilihat dengan adanya akses internet

2.    Harga menjadi lebih mahal karena ada ongkos kirim ke tempat pelanggan

3.    Membutuhkan daya internet yang cukup besar

4.    Diperlukan keahlian khusus untuk membuat dan menjalankan toko online


c.   Opportunity

1.     Memberikan keuntungan yang cukup besar

2.     Prospek menjanjikan bila dikembangkan

3.     Peminatnya setiap bulan meningkat


d.   Threat

1.     Banyak jenis usaha yang sama

2.     Banyak pesaing baru

3.     Persaingan harga dengan para pesaing lain

4.     Pesaing mengeluarkan produk baru yang lebih inovatif




F.  PENUTUP

Toko online bisa menjadi salah satu alternatif peluang usaha yang dapat dijalankan tanpa harus meninggalkan rumah dan segala aktivitas keseharian. Berjualan di toko online sama seperti berjualan ditoko biasa, bedanya hanya tidak membutuhkan bangunan fisik tetapi membutuhkan website untuk memasarkan produk.


Toko online lebih memberikan kemudahan kepada pelanggan, yaitu penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi tanpa harus bertatap muka secara langsung. Hal ini membuat transaksi menjadi lebih cepat dan mudah. Selain itu berbelanja online juga memberikan kenyamanan. Tidak perlu berpergian ke pusat perbelanjaan, tidak perlu meninggalkan rumah, cukup dengan membuka sebuah situs belanja online dan meng-klik mouse barang yang diinginkan. Kita bisa belanja dengan tenang tanpa terburu-buru karena toko online buka 24 jam. Barang yang ada pun dapat diperbarui dengan mudah daripada dicetak di brosur atau katalog. Mendirikan toko online merupakan bisnis yang cukup menjanjikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.