Jumat, 21 Oktober 2011

DEFINISI BISNIS

Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan.

Berikut ini beberapa definisi bisnis menurut para ahli:
  • Mahmud Machfoedz 
Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan meproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan cara memadukan 4 macam sumber daya, yaitu:
• Sumber daya materi
• Sumber daya manusia
• Sumber daya keuangan
• Sumber daya informasi

    • Steinford ( 1979 )
    “Business is all those activities involved in providing the goods and service needed or desired by people”, bisnis adalah aktivitas yang menyediakan barang atau jasa yang diinginkan oleh konsumen. Bisnis dapat dilakukan oleh organisasi perusahaan yang memiliki badan hukum, perusahaan yang memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memiliki badan hukum atau badan usaha seperti contohnya: pedagang kaki lima, warung, dan sebagainya.
    • Hughes dan Kapoor
    “Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a provit, the goods and services that satisfy societies needs. The general term business refer to all such efforts within a society or within an industry”. Bisnis adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri.

    • Griffin dan Ebert ( 1996 )
    “Business is an organization that provides goods or service in order to earn provit”. Bisnis adalah aktivitas melalui penyediaan barang dan jasa bertujuan untuk menghasilkan profit ( laba ). Suatu perusahaan dikatakan menghasilkan laba jika total penerimaan sutau periode (total revenues ) lebih besar dari total biaya ( total costs ) pada periode yang sama. Laba merupakan daya tarik utama untuk melakukan kegiatan bisnis. Melalui laba, pelaku bisnis dapat mengembangkan skala usahanya untuk meningkatkan laba yang lebih besar.
    • Brown dan Petrello ( 1976 )
    “Business is an institution which produces goods and services demanded by people”. Bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat maka bisnis pun meningkat atau berkembang memenuhi kebutuhan tersebut dan bersamaan dengan itu pebisnis akan memperoleh laba.
    • Glos, Steade, dan Lowry ( 1996 )
    Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisasi oleh orang – orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualitas hidup mereka.
    • Musselman dan Jackson ( 1992 )
    Bisnis merupakan suatu aktivitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan diorganisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.
    • Allan Afuah ( 2004 )
    Bisnis merupakan sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen.
    • Huat, T Chwee,1990
    Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society).
    • Jeff Madura (Pengantar Bisnis)
    Bisnis adalah serangkaian usaha yang dilakukan satu orang atau lebih individu atau kelompok dengan menawarkan barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan atau laba.

    Source: http://apaansiih.ngeblogs.com/2009/12/14/beberapa-definisi-bisnis-menurut-para-ahli/

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar

    Diberdayakan oleh Blogger.