Sabtu, 26 November 2011

Bisnis Secara Franchising

I. PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG

Pada prinsipnya bisnis waralaba (franchising) adalah suatu pengaturan bisnis dimana sebuah perusahaan (franchisor) memberi hak kepada pihak independen (franchisee) untuk menjual produk atau jasa perusahaan tersebut dengann peraturan yang ditetapkan oleh  franchisor. Franchisee bisa menggunakan nama, goodwill, produk dan jasa, prosedur pemasaran, keahlian, sistem prosedur operasional, dan fasilitas penunjang dari perusahaan franchisor. Sebaliknya pihak franchisor akan menerima imbalan dari keuntungan yang diperoleh oleh franchisee seduai dengan perjanjian awal antara Franchisor dan Franchisee.

Bisnis waralaba merupakan suatu solusi bagi pengusaha kecil dan menengah yang baru memulai usaha. Masalah yang sering dihadapi ketika memulai usaha adalah menentukan bentuk usaha yang akan dijalankan. Bisnis waralaba memberikan keuntungan bagi kedua pihak, yakni pihak franchisor dan pihak franchisee.

2. TUJUAN

Tujuan dari dibuatnya makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Softskill. Selain itu juga menambah wawasan bagi para pembaca mengenai bisnis secara franchising seperti pengertian, sejarah, manfaat, bagaimana ketentuan menjadi franchisee dan lain-lain.

3. LANDASAN TEORI

Menurut Collin (2000, p12), dalam Law Dictionory, Franchise didefinisikan sebagai “License to trade using a brand name and paying a royalty for it”, dan Franchising sebagai “Act of selling to trade as a franchise”. Definisi tersebut menekankan pada pentigngnya pemberian waralaba dengan pentingnya royalty.

Pemberian waralaba ini didasarkan pada suatu Franchise Agreement, yang menurut Black Law Dictionory (1997, p.21) adalah : “Generally, an agreement between supplier of product or service or an owner of desired trademark or copyright (Franchisor), and a reseller (Franchisee) under which the Franchisee agrees to sell the Franchisor product or service or to business under the Franchisor’s name”, maksudnya seorang penerima waralaba juga menjalankan usahanya sendiri tetapi dengan menggunakan merek dagang atau merek jasa serta dengan memanfaatkan metode dan tata cara atau prosedur yang telah ditetapkan oleh pemberi waralaba.

Senin, 14 November 2011

Perkembangan Bisnis Online

Berikut ini adalah beberapa artikel yang dirangkum menjadi satu mengenai perkembangan bisnis online khususnya di Indonesia.


Kunci Mengembangkan Bisnis Online!
Mungkin kata bisnis online sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena transaksi online atau yang biasa di sebut e-commerce sudah menjadi era dan trend saat ini. Pertumbuhan e-commerce setiap tahun nya bisa mencapai dua digit contoh nya saja dua situs terbesar yaitu:
  • e-bay
  • amazone.com
Peningkatan dua situ mencapai hingga 31% di indonesia, perkembangan e-commerce di tandai dengan bertmbuh nya situs jual beli di tambah dengan marak nya istilah startup yang dipakai oleh kaum muda di indonesia untuk memulai bisnis berbasis internet.

Di indonesia mencari referensi kebutuhan barang atau jasa dilakukan melalui media internet, data spire menunjukkan 90% orang mencari referensi/informasi melalui rekomendasi dari orang yang mereka kenal, sementara sejumlah 10% merupakan opini atau testimoni mereka saja.


Dari data yang ditelusuri spire, dalam melakukan transaksi online, 40% merupakan rekomendasi dari rekan,teman,maupun komunitas-nya, hal ini disebabkan lehliterasi terhadap teknologi internet itu sendiri. Semakin tinggi pengetahuan konsumen atas teknologi transaksi online, semakin tinggi pula tingkat kepercayaan untuk bertransaksi, lalu di ikuti dengan pencarian independen melalui search engine sebesar 38% dan 22% yang langsung menuliskan alamat UR-nya di browser.

Dalam media bertransaksi di indonesia hampir 74% orang memilih kaskus karena selain kaskus sudah tedapat lebih dari 3 juta user/komunitas, kaskus pun menjadi salah satu media online shop yang mendapat kepercayaan dari para konsumen.

Pasar 250 juta jiwa, dengan 15-20% menyentuh internet, menjadikan indonesia sebagai market yang sangat potensial. Namun di sisi lain, tidaklah mudah untuk mengembangkan bisnis disni.


Membangun kepercayan merupakan modal penting dalam proses ekspansi jalur ini. Pasar yang besar di dukung dengan media promosi dan pemasaran produk yang tepat, serta menjadi penjual yang terpercaya. Tentu nya menjadi tantangan tersendiri bagi kesuksesan di dunia e-commerce.

Bisnis Online: Modal Minimal, Keuntungan Maksimal
Perkembangan zaman yang semakin maju, dengan teknologi internet serta gadget yang semakin canggih, membuat bisnis online semakin mengukuhkan dirinya sebagai salah satu alternatif untuk penambah "devisa" diri sendiri. Pada awalnya, kebanyakan orang memang hanya melihat gambaran besar bahwa bisnis online ini hanyalah sebagai bisnis coba-coba. Bila dipikirkan dengan lebih luas, bisnis online ini sebenarnya dapat menjadi sumber penghasilan tambahan Anda di setiap bulannya, mungkin sedikit bumbu serius bisa menjadi katalis yang tepat.

Diberdayakan oleh Blogger.